Rekomendasi Minuman Yang Manis dan Segar Untuk Buka Puasa


Rekomendasi Minuman Yang Manis dan Segar Untuk Buka Puasa

by Sponsor Article at 15/05/20 03:13 AM

Pada bulan puasa ini sebaiknya kita tetap menjaga daya tahan tubuh dengan menkonsumsi beberapa vitamin penting, apalagi pada masa pandemi COVID-19 sekarang. Konsumsi minuman yang manis dan segar dapat mengisi kembali cairan dan energi tubuh yang hilang selama kita berpuasa. Tubuh manusia mengandung lebih dari 70% air dan mengeluarkan sekitar 2 hingga 3 liter cairan melalui napas, keringat dan urin. Tentunya pada saat berpuasa maka akan lebih banyak kekurangan cairan tubuh.

Oleh karenanya, jika kita tidak meminum cukup cairan saat berbuka maupun sahur, resiko terjadinya dehidrasi semakin besar.

Nah, karena itu saya memberikan beberapa pilihan rekomendasi minuman yang manis dan segar untuk buka puasa anda.

1. Es Cincau Hijau

Rekomendasi minuman manis dan segar pertama jatuh kepada Es Cincau Hijau yang merupakan minuman dingin tradisional yang sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus dengan kesegaran alami.

Kombinasi dari tekstur lembut dan kenyalnya cincau, rasa manis dari gula merah, dan segarnya es serut sudah jelas dapat menghilangkan dahaga anda tentunya. Dan jangan diabaikan puala bahwa banyak sekali khasiat dari minuman dingin ini.

Cincau hijau ini terbuat dari rendaman daun tanaman rambat tanaman Premna oblongifolia dan Cylea berbata Myers. Dimana kedua daun tanaman tersebut berguna untuk meredakan radang tenggorokan dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Khasiat dari gula merah sendiri adalah untuk mencegah anemia, asma dan nyeri saat menstruasi. Santan sendiri mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin C dan juga asam laurat yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Pada era sekarang walaupun banyak jenis minuman kekinian yang lagi naik daun, es cincau hijau tetap menjadi pilihan yang tidak dapat dikesampingkan.

2. Es Kolang-Kaling

Rekomendasi minuman manis dan segar kedua ada pada Es Kolang-Kaling. Kolang-kaling merupakan bagian dalam dari biji pohon aren. Untuk mengeluarkan kolang-kaling tersebut, buah aren dipetik terlebih dahulu kemudian direbus untuk menghilangkan getahnya. Buah dengan ukuran kecil dan berwarna putih ini hampir selalu hadir saat bulan puasa tiba.

Banyak sekali manfaat yang anda peroleh jika mengkonsumsi minuman manis dan segar ini. Minuman manis dan segar dengan tekstur kenyal ini, dapat membuat hidup anda lebih bersemangat.

Bagian dalam dari biji pohon aren ini mengandung banyak gelatin yang cukup mudah dicerna oleh tubuh kita. Gelatin tersebut kemudian akan diubah menjadi kolagen yang fungsinya untuk mempertahankan keremajaan kulit, otot, tulang, kuku dan rambut.

Kolang-kaling juga memiliki banyak kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Seperti vitamin A, B dan vit C.

Sedangkan serat yang terkandung didalam kolang-kaling  sendiri berfungsi membantu proses pembuangan air besar menjadi lebih teratur yang bermanfaat mencegah obesitas atau kegemukan.

3. Es Pisang Ijo

Ngaburburit sambil mencari takjil ketika menjelang berbuka puasa adalah hal rutin yang kita lakukan pada bulan puasa ini. Rekomendasi minuman manis dan segar yang ketiga adalah Es Pisang Ijo. Panganan khas dari kota Makassar ini menjadi hidangan yang digemari banyak orang setelah kolak pisang.

Es yang rasanya manis dan segar ini tidak hanya hadir saat bulan Ramadan saja, bahkan Es Pisang Ijo sudah jadi salah satu panganan identik yang kerap dijadikan hidangan takjil saat puasa. Sama halnya seperti kolak pisang, Es Pisang Ijo in juga menggunakan pisang sebagai bahan utamanya yang kemudian dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau.

Dengan rasa yang manis, gurih dan segar karena perpaduan dari pisang, vla atau bubur sumsum, sirup DHT atau cocopandan serta es serut menjadikan takjil ini pantas untuk dijadikan menu berbuka puasa karena kesegarannya akan memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya.

Manfaat dari Es Pisang Ijo ini adalah sebagai sumber energi, baik untuk jantung, baik untuk darah, sistem saraf yang sehat, kesehatan ginjal, anemia. Kandungan lainnya adalah Vitamin B1, B2 dan E.

4. Es Alpukat Susu

Sajian es alpukat susu menjadi rekomendasi minuman manis dan segar berikutnya. Buah alpukat kerap menjadi favorit karena kaya gizi dan menyehatkan. Tak hanya dibuat jus saja, buah ini bisa disantap dengan berbagai cara yang lezat. Salah satunya dengan dibuat sebagai es segar untuk berbuka puasa.

Tidak hanya menghadirkan rasa yang nikmat, kuliner ini juga mengandung beragam nutrisi yang dapat mengembalikan stamina tubuh bahkan juga bermanfaat untuk merawat rambut serta kulit.

Buah Alpukat sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral. Ada beragam manfaat dari Es dengan rasa manis dan segar ini, diantaranya seperti: mampu menurunkan Kolesterol, mengandung lebih banyak Kalium bahkan dari Pisang sekalipun, membantu menurunkan berat badan karena mengandung banyak serat.

5. Es campur

Rekomendasi minuman manis dan segar saat berbuka puasa berikutnya adalah Es Campur. Es Campur yang segar ini terbuat dari campuran buah-buahan, tape singkong, kolang-kaling, susu, sirup dan tambahan topping lainnya yang enak.

Es campur masih menjadi salah satu primadona untuk disantap saat berbuka puasa. Rasanya yang manis, kaya buah serta memberikan kesegaran, menjadi alasan mengapa es campur memiliki spot khusus di bulan Ramadan.

Selain memberikan rasa menyegarkan, es buah juga mengandung banyak gizi. Buah-buahan sudah pasti kaya akan vitamin, seperti kandungan vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk, pepaya, strawberry dan alpukat. Bahkan buah-buahan juga merupakan sumber serat dan sumber gula alami yang baik bagi tubuh.